Jumat, 06 Januari 2017

Stay Humble

Setiap kita menempuh perjalanan hidup untuk memenuhi takdirNya. Jika kita 'mau' membuka hati, ada banyak hal yang bisa kita pelajari di sekitar kita. Bukan untuk membanggakan diri bahwa kita memiliki banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan, bukan untuk menunjukkan bahwa kita 'merasa' unggul dan lebih baik dari yang lain. Sekali lagi ini tentang puncak berharganya seorang hamba, dimana pada kemanfaatannya lah terletak nilai manusia itu sendiri.

Kembali lagi pada perjalanan hidup, kita akan menemukan banyak pengalaman, ilmu, teman dimana semuanya itu dapat mempengaruhi hidup kita. Satu hal yang kita jaga adalah kerendahan hati, bahwa semua adalah milikNya. Tanpa izinNya kita tidak memiliki apa pun. Seorang sahabat pernah mengajarkan padaku, untuk tetap sederhana, tetap rendah hati, apapun yang kita miliki. Karena semua itu bisa saja diambil Sang Pemilik sewaktu-waktu. Siapkah?

Ada tujuan dibalik setiap peristiwa, termasuk setiap yang kita capai. Harta, jabatan, keluarga dan sebagainya. Bisa saja menjadi ujian hidup, bisa saja memang anugerahNya. Yang harus dipahami adalah bahwa itu semua titipan dan amanah, sehingga kita harus siap untuk mempertanggungjawabkannya kelak. Bukan untuk berbangga diri, ilmu yang kita miliki sejauh mana menjadi amal jariyah dan tabungan akhirat, harta yang kita belanjakan sejauh mana nilai manfaatnya, anak-anak yang kita didik apakah bisa menjadi anak berbakti?

Dan jika kita 'pulang' kita harus siap. Sekali lagi, tetaplah sederhana dan rendah hati...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar