Senin, 02 Januari 2017

Ujian Hidup

Perjalanan hidup seseorang tidak selalu baik-baik saja. Setiap orang pasti memimpikan segalanya baik, namun Allah tidak memberikan itu. Kenapa? Karena jika selalu baik maka tidak dapat mensyukuri apa yang baik, tidak mawas dengan buruk, dan terlena. Ujian, seperti tidak terpenuhi keinginan mengajarkan banyak hal. Belajar untuk bersabar, nerimo, belajar memahami bahwa di sana, dalam ujian-ujian hidup itu selalu ada hikmah dan tujuan, menempa kita dan menjadikan kita layak naik untuk tingkat berikutnya, Ibarat tangga, pelan-pelan akan kita lalui sampai puncak, tapi jika tak ada ujian, kita selalu dibawah, stag dan tidak ada pencapaian-pencapaian.

Ujian mengajarkan kita bagaimana untuk dewasa, belajar mengurai masalah sehingga menjadikan kita lebih mampu untuk mengarungi hidup. Bahkan ujian yang dirasa kita tidak mampu, jika Allah memberikannya maka pasti kita mampu. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya....(Al Baqoroh: 286)". Setiap orang pasti mampu dengan ujian yang diberikanNya. Kita hanya perlu yakin itu, dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.

Apa yang kita rasakan berat, tidak akan berat jika kita memikirkan bahwa ujian itu ringan. Allah selalu memberikan jalan keluar dari setiap masalah. Asal kita yakin, berdoa dan berusaha sungguh-sungguh. Berdoa..dan berdoa tanpa henti, karena berdoa itu seperti kayuhan sepeda, yang membawa kita sampai pada tujuan. Apa yang kita lalui di dunia ini pasti ada tujuan, hanya saja kita harus memahami bahwa tujuan sebenarnya adalah ridhoNya. Bukan tentang tujuan kita, yang paling penting adalah apakah capaian kita selaras dengan ridhoNya. Karena tanpa itu, yang kita capai hanya sia-sia.

Kembali pada ujian, semua ujian yang kita lalui adalah cara Allah mengasah kita menjadi lebih baik. Aku menyadari bahwa kehidupanku yang berantakan ternyata merupakan tujuanNya menjadikanku layak sebagai hambaNya. Aku mencoba memahami keinginanNya bagaimana menimpakan ujian yang begitu berat untukku, dan selama 4 tahun aku menyadari banyak perubahanku yang lebih baik. Di sisi lain begitu berat ujian yang harus kujalani, namun di sisi lain aku sangat bersyukur dengan ujian yang kuterima, bahwa Allah membuatku layak dimata hamba-hambaNya yang sangat taat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar